Wisata Pulau Gili Ketapang Probolinggo


Wisata Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Wisata Pulau Gili Ketapang Probolinggo -  Probolinggo tidak hanya memberikan pesona pegunungan yang indah seperti Gunung Bromo, dan pegunungan lain ada disekitar, Keindahan gunung Bromo sudah dikenal masyarakat indonesia, tidak hanya itu, Sunrise Gunung Bromo telah dikenal dunia saat ini, Banyak touris manca negara yang rela berdesakan demi menikmati Keindahan Gunung Bromo dari pananjakan, disisi lain dari Kota Probolinggo juga memiliki Pulau kecil yang sangat indah, laut yang kehijauan dan Pasir yang sangat putih yang akan menambah keindahan pulau ini, warga sekitar menamakannya "Pulau Gili "yang artinya ( Pulau yang Mengalir ) 



Gili Ketapang sendiri adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Luas wilayahnya sekitar 68 ha, dan jumlah penduduknya 7.600 jiwa (2004), yang sebagian besar adalah Suku Madura dan bermata pencaharian sebagai nelayan. Penduduk pulau ini dikenal relatif makmur. Gili Ketapang merupakan salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Pulau terebut dihubungkan dengan Pulau Jawa dengan perahu motor melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.


Menurut legenda setempat, pulau ini dulunya menyatu dengan daratan Desa Ketapang (Pulau Jawa), yang kemudian secara gaib bergerak lamban ke tengah laut, karena gempa yang dahsyat akibat letusan Gunung Semeru. Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut.

Batas-batas Pulau Gili Ketapang adalah pelabuhan dan pantai berkarang yang berada di sebelah utara, perkampungan nelayan di sebelah timur dan selatan, terakhir pantai putih yang menjorok ke laut di sebelah barat pulau ini. Sunset di pulau ini juga tidak kalah indah dibandingkan dengan tempat-tempat lain yang ada di indonesia. Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, tapi juga menyimpan misteri lewat beberapa tempat seperti Gua Kucing, pulau ini konon dulu dihuni banyak kucing. Mitos tersebut ada lewat keberadaan Gua Kucing. Namun sekarang kalau Anda mampir ke sana, nyaris tak akan menjumpai kucing sama sekali.
Cha Cha Cua
Tour bromotour 2019 Updated at: 09.56
Tour bromotour 2019, Professional Tour Travel Operator
Branch Office : Sukapura - Probolinggo , FASTCALL/WA 085 330 215 451 ; Email, bromothetour@gmail.com , Designed by Cha Cha Cua OPQ
Contact Form
Your Real Travel Partner: Harga,Budget dan Waktu Sangat Flexible Tergantung Fasilitas dinginkan